Etika
dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak
bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan,
pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat. Hubungan
yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat
kemajuan perusahaan.
Tanggung Jawab
Perusahaan (Corporate Social
Responsibility) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah
memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang
saham, komunitas dan lingkungan dalam segala
aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan",
di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya
harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan,
misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi
sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.
Pengambilan
keputusan etis dapat menumbuhkan kepercayaan bagi hubungan antara para
pelanggan, karyawan dan perusahaan lain. Perilaku etis sangat penting bagi
wirausahawan karena dapat memberikan efek positif sebagai berikut :
a.
Staf akan meniru
perilaku pimpinannya.
b.
Standar etis akan
membentuk kerangka kerja yang positif.
Perilaku tidak etis dalam
berwirausaha akan menimbulkan hal-hal sebagai berikut :
a.
Mengganggu pengambilan
keputusan usaha
b.
Dapat dituntut dengan
Undang-undang perlindungan konsumen
c.
Bisnis tidak akan mampu
bertahan dalam jangka panjang
Pertimbangan tanggung jawab
sosial :
1.
Pelanggan (Customers).
2.
Pekerja (Employees).
3.
Pemegang saham
(Stockholders).
4.
Kreditur (Creditors).
5.
Masyarakat
(Communities).
Tanggung Jawab Sosial Terhadap Pelanggan (Social Responbility to Customers) :
1.
Bagaimana Memastikan
Tanggung jawab Bisnis :
- Tetapkan kode etika.
- Monitor keluhan pelanggan.
- Memperoleh umpan balik pelanggan.
2.
Bagaimana Memastikan Tanggung
Jawab Pemerintah :
- Peraturan Keamanan Produk.
- Peraturan Periklanan.
- Peraturan Persaingan Industri.
Tanggung Jawab Sosial Terhadap Pekerja (Social Responbility to Employees) :
1.
Keamanan Pekerja
(Employee Safety).
· Memastikan tempat
kerja yang aman bagi pekerja dengan memantau secara ketat proses
produksi. Beberapa tindakan pencegahan adalah memeriksa mesin dan peralatan
guna memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik, mengharuskan digunakannya
kacamata keselamatan atau peralatan lainnya yang dapat mencegah terjadinya
cedera, dan menekankan tindakan pencegahan khusus dalam seminar-seminar
pelatihan.
2.
Perlakuan pekerja.
· Memastikan tidak ada
diskriminasi karena perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa
karyawan diperlakukan dengan semetinya oleh karyawan lain.
3.
Kesamaan kesempatan
(Equal Opportunity).
- Kesamaan Kesempatan/Hak sipil.
4.
Bagaimana memastikan
tanggung jawab Bisnis :
- Keluhan Prosedur.
- Kode etik.
- UU Ketenagakerjaan.
Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kreditor (Social Responbility to Creditors) :
Perusahaan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban
keuangannya kepada kreditor. Jika suatu perusahaan mengalami masalah keuangan
dan tidak mampu memenuhi kewajibannya, maka perusahaan tersebut harus
menginformasikan hal ini kepada kreditornya. Suatu perusahaan memiliki insentif
yang kuat untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap kreditor. Jika perusahaan
tidak membayar utangnya kepada kreditor, perusahaan tesebut dapat dipaksa
pailit.Informasikan kreditur jika mempunyai
permasalahan keuangan
Tanggung Jawab Sosial Terhadap Lingkungan (Social Responbility to Theenvironment) :
1.
Pencegahan polusi
udara :
- Peninjauan kembali proses produksi.
- Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah.
2.
Pencegahan polusi
daratan:
- Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.
- Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan.
Tanggung Jawab Sosial Terhadap Masyarakat (Social Responbility to Community) :
1.
Sponsori peristiwa
masyarakat lokal.
2.
Sumbangkan kepada
masyarakat tidak mampu.
Suatu perusahaan ketika mendirikan basisnya
di suatu komunitas, maka perusahaan tersebut menjadi bagian dari
komunitas itu dan mengandalkan komunitas tersebut sebagai pelanggan dan
karyawannya. Perusahaan mendemonstrasikan acara-acara local atau memberikan
sumbangan ke yayasan lokal, misalkan perusahaaan yang telah mendonasikan dana
ke unversitas-universitas.
bagus blognya
BalasHapusSaya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
BalasHapusTapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati