Kamis, 29 November 2012

Etika dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Etika dan tanggung jawab sosial perupakan rem perusahaan agar berkerja tidak bertabrakan dengan pemegang kepentingan perusahaan, seperti pelanggan, pemerintah, pemilik, kreditur, pekerja dan komunitas atau masyarakat. Hubungan yang harmonis dengan pemegang kepentingan akan menghasilkan energi positif buat kemajuan perusahaan.


Tanggung Jawab Perusahaan (Corporate Social Responsibility) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen,  karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Pengambilan keputusan etis dapat menumbuhkan kepercayaan bagi hubungan antara para pelanggan, karyawan dan perusahaan lain. Perilaku etis sangat penting bagi wirausahawan karena dapat memberikan efek positif sebagai berikut :
a.       Staf akan meniru perilaku pimpinannya.
b.      Standar etis akan membentuk kerangka kerja yang positif.

Perilaku tidak etis dalam berwirausaha akan menimbulkan hal-hal sebagai berikut :
a.       Mengganggu pengambilan keputusan usaha
b.      Dapat dituntut dengan Undang-undang perlindungan konsumen
c.       Bisnis tidak akan mampu bertahan dalam jangka panjang

Pertimbangan tanggung jawab sosial :
1.      Pelanggan (Customers).
2.      Pekerja (Employees).
3.      Pemegang saham (Stockholders).
4.      Kreditur (Creditors).
5.      Masyarakat (Communities).

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Pelanggan (Social Responbility to Customers) :
1.      Bagaimana Memastikan Tanggung jawab Bisnis :

  •       Tetapkan kode etika.
  •       Monitor keluhan pelanggan.
  •       Memperoleh umpan balik pelanggan.
2.      Bagaimana Memastikan Tanggung Jawab Pemerintah :

  •       Peraturan Keamanan Produk.
  •       Peraturan Periklanan.
  •       Peraturan Persaingan Industri.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Pekerja (Social Responbility to Employees) :
1.      Keamanan Pekerja (Employee Safety).
·        Memastikan tempat kerja yang aman bagi pekerja dengan memantau secara ketat proses produksi. Beberapa tindakan pencegahan adalah memeriksa mesin dan peralatan guna memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik, mengharuskan digunakannya kacamata keselamatan atau peralatan lainnya yang dapat mencegah terjadinya cedera, dan menekankan tindakan pencegahan khusus dalam seminar-seminar pelatihan.
2.      Perlakuan pekerja.
·        Memastikan tidak ada diskriminasi karena perusahaan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa karyawan diperlakukan dengan semetinya oleh karyawan lain.
3.      Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity).

  •       Kesamaan Kesempatan/Hak sipil.
4.      Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :

  •       Keluhan Prosedur.
  •       Kode etik.
  •       UU Ketenagakerjaan.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Kreditor (Social Responbility to Creditors) :
Perusahaan bertanggung jawab untuk memenuhi kewajiban keuangannya kepada kreditor. Jika suatu perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak mampu memenuhi kewajibannya, maka perusahaan tersebut harus menginformasikan hal ini kepada kreditornya. Suatu perusahaan memiliki insentif yang kuat untuk memenuhi tanggung jawabnya terhadap kreditor. Jika perusahaan tidak membayar utangnya kepada kreditor, perusahaan tesebut dapat dipaksa pailit.Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Lingkungan (Social Responbility to Theenvironment) :
1.      Pencegahan polusi udara :

  •       Peninjauan kembali proses produksi.
  •       Petunjuk Penyelenggaraan pemerintah.
2.      Pencegahan polusi daratan:

  •       Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan.
  •       Menyimpan dan mengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan.

Tanggung Jawab Sosial Terhadap Masyarakat (Social Responbility to Community) :
1.      Sponsori peristiwa masyarakat lokal.
2.      Sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu.
Suatu perusahaan ketika  mendirikan basisnya di  suatu komunitas, maka perusahaan tersebut menjadi bagian dari komunitas itu dan mengandalkan komunitas tersebut sebagai pelanggan dan karyawannya. Perusahaan mendemonstrasikan acara-acara local atau memberikan sumbangan ke yayasan lokal, misalkan perusahaaan yang telah mendonasikan dana ke unversitas-universitas.


2 komentar:

  1. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus